Pertimbangan Khusus Surveilans KIPI

Ada 3 faktor utama yang harus mendapat pertimbangan khusus karena dapat mempengaruhi jenis surveilans KIPI yang dilakukan serta hasilnya.

Pelatihan petugas kesehatan

Petugas kesehatan yang memberikan imunisasi merupakan petugas di garis depan yang biasanya menjadi yang pertama merespon terhadap KIPI. Mereka perlu dilatih untuk mendeteksi, melapor dan merespon KIPI, termasuk menstabilkan penderita (misalnya pada kasus anafilaksis) dan berkomunikasi dengan orangtua, masyarakat dan media.

Menentukan penyebab

Kesulitan dalam menentukan penyebab dari kejadian yang bersamaan merupakan hal yang umum pada semua sistem monitoring keamanan obat dan vaksin. Ini merupakan tantangan terutama dalam masalah vaksin karena :

Diperlukan kajian yang independen

Untuk mengkaji efek simpang, diperlukan kajian independen, yang terpisah dari program imunisasi. Penilaian sebab akibatAsesmen kausalitas (atau hubungan kausalitas)Suatu telaah data sistematik tentang kasus KIPI untuk menentukan kemungkinan hubungan sebab akibat antara kejadian ikutan dengan vaksin yang diberikan. (atau hubungan penyebab) memerlukan suatu tim investigator, termasuk seorang ahli imunologi atau pakar lain, tergantung pada sifat kejadian ikutan tersebut. Tim ini biasanya tidak termasuk pejabat dari program imunisasi nasional, karena mereka dikhawatirkan mempunyai konflik kepentingan bila harus menyelidiki kejadian ikutan yang berkaitan dengan vaksin.