KAMPANYE IMUNISASI MASSAL

Kampanye imunisasi massal merupakan tantangan tersendiri terhadap sistem surveilans KIPI yang baik. Dalam suatu kampanye diberikan imunisasi dalam jumlah besar terhadap populasi yang besar dalam waktu yang singkat, dengan demikian akan lebih banyak KIPI yang dilaporkan baik oleh petugas lapangan maupun oleh masyarakat.26

Kegiatan kampanye imunisasi massal merupakan kesempatan untuk membangun dan memperkuat sistem surveilans KIPI. Program imunisasi rutin merupakan bagian yang sangat penting dalam sistem surveilans KIPI terutama dalam upaya melakukan deteksi KIPI pada saat kampanye imunisasi massal.

Untuk membantu para manajer program imunisasi setiap negara anggota dalam menghadapi isu keamanan vaksin dalam kampanye imunisasi massal, WHO telah membuat chek-list yang sangat komprehensif didalam aide-memoire mereka:

WHO: To ensure the efficiency and safety of mass immunization campaigns with injectable vaccines

Pesan Utama

Kesempatan bagi petugas untuk menjangkau penduduk sasaran yang selama ini sulit dijangkau dan sebaliknya. Kesempatan baik untuk digunakan dalam melakukan kampanye untuk mendidik masyarakat tentang penyakit menular yang ada di wilayahnya dan memahami manfaat imunisasi dalam melindungi mereka dari ancaman PD3I.

Terjadiya KIPI pada saat kegiatan massal ini dapat dikurangi dengan membuat perencanaan yang baik sebelum kampanye imunisasi massal dilakukan, untuk mengurangi kesalahan prosedur. Komponen yang harus ada dalam rencana tersebut antara lain pelatihan bagi petugas, monitoring KIPI dan tindak lanjut apabila terjadi KIPI serta keterlibatan masyarakat. Persiapan yang matang ini akan mengurangi kampanye negatif tentang KIPI yang dapat merugikan program.