Inisiatif Global Keamanan Vaksin

Global Vaccine Safety Blueprint

Ratusan juta dosis vaksin digunakan setiap tahun di negara berkembang. Namun, penilaian terhadap badan otoritas regulatori yang dilakukan WHO menunjukkan bahwa hanya sejumlah kecil dari beberapa negara berkembang tersebut yang mempunyai kemampuan untuk memantau dan menjamin penggunaan vaksin dengan aman.

Dengan mempelajari kinerja saat ini dari sistem farmakovigilans vaksin di negara berpenghasilan rendah dan menengah, dan dari mekanisme yang ada antar negara dan dukungan global, WHO telah menyusun suatu Global Vaccine Safety Blueprint Strategy dalam suatu inclusive drafting process.

Pesan Utama

Global Vaccine Safety Blueprint adalah suatu kerangka kerja strategis yang bertujuan untuk pembentukan sistem farmakovigilans yang efektif di semua negara.

GVSB menetapkan beberapa indikator dalam hal kapasitas minimal untuk menjamin keamanan vaksin dan menyusun rencana strategis untuk meningkatkan kegiatan keamanan vaksin global dengan mengkombinasikan berbagai upaya dari berbagai pihak terkaitdalam hal farmakovigilans.

To implement the Global Vaccine Safety Blueprint strategy, a Global Vaccine Safety Initiative project has been initiated.

Global Vaccine Safety Initiative

Global Vaccine Safety Blueprint memiliki 3 (tiga) tujuan utama :

3 (tiga) tujuan utama tersebut dilaksanakan dengan 8 (delapan) tujuan strategis yang berkaitan langsung dengan sistem vaksin, atau mendukung elemen-elemen yang diperlukan dalam sistem keamanan vaksin yang efektif :

8 Blueprint objectives