Berkomunikasi dengan media

"Media" seperti yang telah disebutkan, merupakan suatu organisasi, metoda dan teknologi komunikasi yang luas. Pada bagian akhir dari modul ini, kita akan fokus pada bagaimana kita dapat :

  • Mengkomunikasikan pesan utama kita tentang keamanan vaksin kepada media massa – termasuk menangkal rumor negatif.
  • Menangani dengan efektif pertanyaan dari wartawan yang bekerja untuk koran, televisi, radio dan penulis online blogs dan layanan berita intenet yang akhir-akhir ini terus meningkat keberadaannya.
  • Menrancang pernyataan pers (press release) atau mempersiapkan suatu wawancara dengan mengikuti beberapa prinsip sederhana.

Ada aspek positif dan negatif dari liputan media.

Aspek positif dari liputan media

Wartawan yang teliti dan bertanggung jawab adalah penting karena bisa membantu kita untuk :

  • Mengkomunikasikan pesan kesehatan masyarakat,
  • Memaparkan malpraktik dan keteledoran, dan
  • Menyoroti kontroversi dan inkonsistensi dari kebijakan dan strategi yang mempengaruhi masyarakat.

Aspek negatif liputan media

Media surat kabar harus mendapat keuntungan, misalnya dari penjualan surat kabar atau pemasangan iklan di televisi. Bila para wartawan hanya tertarik pada kisah kita yang dapat meningkatkan penjualan, maka upaya untuk berkomunikasi dengan baik menjadi sulit.

Wartawan memutuskan apa yang menjadi agenda pemberitaan dan meliput berita yang akan menarik bagi para pembacanya :

  • Cerita yang patut dijadikan berita cenderung yang dramatis, mempengaruhi banyak orang, dan terfokus pada orang terkenal atau anak-anak.
  • Cerita dapat bersifat kontroversial (misalnya vaksin MMR dan autisme), atau melibatkan konflik antara individu atau organisasi dan seringkali berfokus pada skandal, korupsi atau penipuan.

KIPI cenderung dilaporkan karena melibatkan anak-anak dan membangkitkan rumor negatif. Ia akan menghasilkan pemberitaan yang sensasional, terutama bila wartawan tidak sepenuhnya memahami masalah.

Liputan KIPI bisa menjadi sangat negatif bila kita tidak siap untuk menjawab pertanyaan media dan mengetahui berita tersebut sebelum wartawan mengetahuinya. Memahami media, bagaimana mereka bekerja dan apa yang mereka kehendaki dan menciptakan hubungan yang baik dengan media yang spesifik dan wartawan akan membantu menciptakan liputan yang berimbang.