Panduan Studi kasus

Dalam studi kasus ini kita berperan sebagai seorang manajer program imunisasi di kota Karoom di Republik Regkita. Kita  bertanggung jawab atas suatu program pemberian vaksin campak kepada semua anak usia prasekolah (9 bulan hingga 59 bulan) di Karoom.

Program tersebut disusun sebagai respons terhadap wabah campak di bagian utara negara tersebut. Wabah mulai terjadi pada Januari 2012 dan  program yang direncanakan adalah vaksinasi massal non selektif pada kelompok anak yang paling rentan. Sebagian besar anak di Regkita telah mendapat vaksinasi campak pada usia sekitar 9 bulan. Kampanye imunisasi saat ini dimaksudkan untuk meningkatkan kekebalan  anak yang telah diimunisasi dan untuk memberikan perlindungan pada anak yang sebelumnya tidak pernah mendapat imunisasi tersebut.

Sebagai manajer program imunisasi, salah satu tanggung jawab kita  adalah untuk melakukan tindak lanjut terhadap laporan kejadian ikutan dengan mengumpulkan informasi dan meneruskan informasi tersebut ke Dinas Kesehatan Regional dan Program Imunisasi Nasional apabila diperlukan.

Pada awal  kampanye diterima laporan kemungkinan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) dari suatu klinik di kotamadya Chandra . Tugas kita adalah untuk mengumpulkan informasi dan mempersiapkan suatu laporan KIPI untuk dinas kesehatan regional. Sistem pelaporan KIPI di Regkita diperlihatkan pada diagram dibawah ini.

Sistem pelaporan KIPI: Republik Reganda

Pengumpulan informasi berlangsung selama 2 hari. Kita mendapat tiga informasi baru. Berdasarkan informasi tersebut kita akan memilih tindakan yang paling diperlukan dari beberapa pilihan.

Pada akhir setiap hari, Kita akan mendapat kesempatan untuk mengevaluasi kemajuan kita, dan apabila diperlukan, melakukan kembali langkah yang dilakukan untuk menemukan informasi yang masih kurang. Terkadang, kita memperoleh informasi tersebut kemudian. Saat mengumpulkan informasi setelah KIPI, ingatlah selalu bahwa penting untuk mengumpulkan informasi sesegera mungkin, sebelum barang bukti hilang.

Poin tindakan

Catat informasi yang menurut anda paling relevan untuk dilaporkan selama kegiatan kita.