Pelajaran utama yang dipetik

  • Segera mengkoordinasikan komunikasi dengan pihak sekolah apabila program vaksinasi berbasis sekolah.
i

Departemen Kesehatan Nasional bekerjasama dengan Departemen Anak (Direktorat Kesehatan Ibu dan Anak / Department for Maternal and Child Health), Usaha Kesehatan Sekolah (School Health Program), dan mencoba untuk cepat bergabung. Sayangnya, mereka tidak cepat memberi masukan tentang isi surat mereka kepada sekolah.

  • Mengeluarkan pernyataan pendahuluan dalam waktu beberapa jam.
  • Memastikan bahwa pusat komunikasi publik dan subdit imunisasi bekerjasama dengan erat.
i

Menurut salah seorang petugas humas :

"Apa yang terjadi di pemerintah yang memiliki kelompok untuk menangani kebijakan di satu pihak dan saat terakhir bagian komunikasi memutuskan untuk mempublikasikan hal tersebut. Namun, bila cerita seperti ini terjadi, harus bekerjasama sebagai tim, melihat kebijakan yang sudah ada, harus dikemas oleh pakar komunikasi dengan mengatakan, 'baiklah, dalam persepsi masyarakat, situasi seperti ini artinya…'"

  • Berhati-hatilah dalam membuat pernyataan publik kecuali kita telah memperoleh informasi lengkap.
i

Karena terbatasnya bukti yang ada dan kejadian yang tragis, tidak seorang pakar pun yang siap untuk berbicara di depan publik.

Pendapat secara umum di kalangan Departemen Kesehatan Nasional, mereka sebaiknya menahan berita hingga ada hasil pemeriksaan post mortem.

  • Komunikasikan dengan wartawan yang reseptif, yang sudah memiliki hubungan baik terjalin sebelumnya.
  • Jauhkan masalah politik dari berita.
i

Meskipun ada pernyataan kecurigaan dari lawan politiknya, Departemen Kesehatan Nasional memutuskan untuk tidak melibatkan Menteri sebelum ada bukti yang lebih lengkap.

Menurut seorang petugas Humas Departemen Kesehatan Nasional :

"Bila ilmuwan, pakar, tampil dan mengatakan sesuatu, biasanya pernyataannya akan sangat dipercaya. Penelitian menunjukkan bahwa masyarakat percaya kepada dokter, ilmuwan dan para pakar untuk masalah ini daripada politisi atau juru bicara pemerintah."

  • Usahakan lebih sensitif. Meskipun pemberian vaksin sesaat sebelum siswi ini meninggal adalah suatu kebetulan, semua korespondensi haruslah sensitif terhadap fakta bahwa kejadian ini merupakan tragedi lokal.

Pesan Utama

Lihat sumber informasi untuk mengakses WHO’s AIDE MEMOIRE mengenai Investigasi KIPI dan dokumen lain yang bermanfaat.