KIPI BERAT: HARI KE-2

Pihak oposisi politik mengkritik pemerintah

  • Seorang politisi dari pihak oposisi mengungkapkan bahwa pemerintah telah memilih produk vaksin yang digunakan dan menyatakan bahwa vaksin kompetitor bisa jadi merupakan pilihan yang lebih aman. Ia meminta data keamanan vaksin dipublikasikan.
i

Saat ini tersedia dua macam vaksin HPV yang dilisensi oleh the European Medicines Agency (EMEA). The EMEA bertanggung jawab terhadap evaluasi ilmiah dari obat-obatan yang dibuat oleh perusahaan obat yang digunakan di Uni Eropa.

Sebagai bagian dari prosedur standar, pabrik obat mengirimkan data keamanan untuk setiap lisensi produk Eropa. Semua data keamanan obat tersedia untuk umum pada website EMEA.

Produsen menarik batch vaksin

  • Produsen dengan sukarela menarik kembali bets vaksin tersebut.
i

Tim komunikasi Departemen Kesehatan Inggiris menentang hal ini karena implikasinya pada opini publik – mereka takut masyarakat akan kehilangan kepercayaan kepada program imunisasi. Pada akhirnya, media massa tidak bisa membedakan antara karantina vaksin dan penarikan peredaran vaksin, jadi ini tidak pernah diperdebatkan. Untuk melihat press release dari suatu pabrik obat, klik di sini.

Departemen kesehatan nasional (UK DH) menunggu informasi baru

  • Departemen kesehatan nasional memutuskan untuk tidak menanggapi klaim pihak oposisi politik dan mengikuti kebijakan mereka untuk tidak membuat pernyataan tambahan hingga memperoleh informasi baru.
  • Terdapat kekhawatiran bahwa hasil otopsi baru bisa didapatkan setelah beberapa hari. Internal mengizinkan staf humas meminta kepada para wartawan yang memiliki hubungan baik dengan mereka agar tidak berspekulasi berlebihan bahwa vaksin menyebabkan kematian hingga ditemukan bukti lebih lanjut.

Hasil pemeriksaan pendahuluan post mortem

  • Sore harinya, hasil pemeriksaan pendahuluan otopsi menemukan bahwa kematian siswi tersebut disebabkan oleh kondisi medis yang jarang yang memang sudah dimilikinya, dan bahwa vaksinasi dalam menyebabkan kematiannya.

UK DH menghubungi media

  • Sekitar pukul 21.30 staf humas UK DH segera mulai menghubungi tim berita TV, diikuti dengan Asosiasi Pers, dan surat kabar sehingga berita tersebut tepat waktu dapat masuk ke berita pukul 22 malam di TV Inggris, dan untuk mencegah semua headline negatif di surat kabar hari berikutnya.
i

Walaupun hasil otopsi masih bersifat pendahuluan dan keluarga siswi tersebut tidak menghendaki informasi tersebut disebarkan, departemen komunikasi UK DH menegaskan kepada pihak berwenang akan perlunya mendapat informasi tersebut segera.

"Ini merupakan saat yang krusial dimana kita harus bisa menangani dampak dari siaran berita atau berita media cetak besoknya. Sayangnya, umumnya sudah terlambat untuk kita melakukan sesuatu pada berita media cetak. Wartawan sudah pulang, cerita telah tercetak di halaman surat kabar, kita hanya bisa berurusan dengan meja redaksi secara umum."

Setidaknya mereka berhasil merubah judul berita utama, walaupun isi beritanya tetap sama.

Minat media tinggi

  • Minat pada berita tersebut tetap tinggi,
  • Siaran berita malam (22.00) memberitakan hasil pemeriksaan pendahuluan post-mortem.