HARI KE-2 : SABTU 9 APRIL 2012

Kita datang ke kantor kita pada Sabtu pagi. Beberapa pusat imunisasi buka pada hari Sabtu dan kita sudah mengunjungi dua di antaranya. Namun, pusat imunisasi di Chandra tutup hari tersebut. Di meja kita terdapat salinan laporan hasil laboratorium Martha Chidawayo, yang telah dikirimkan pula ke Dr Charman. Hasil pemeriksaan darah dan apus darah tepi normal dan tidak terdapat bukti adanya infeksi. Terdapat catatan tulisan tangan yang dilekatkan pada form tersebut, tertulis :

"Semua hasil ini tampak normal untuk anak seusianya – ia tampaknya tidak mengalami imunodefisiensi, dan kami tidak melihat adanya parasitemia."

Terdapat pula pesan suara di mesin penjawab telepon kita yang mengatakan :

"Halo, ini Jonas Willen dari Karoom Morning Bugle [surat kabar lokal]. Saya ingin bicara dengan Anda mengenai program vaksinasi campak yang sedang kita laksanakan di kota ini. Dapatkah Anda menelepon saya kembali di nomor 07992 665200 – terima kasih banyak, semoga saya dapat segera berbicara dengan Anda."

Pilih aktivitas yang akan kita lakukan selanjutnya.


Menghubungi pejabat kesehatan regional, untuk menginformasikan kepadanya mengenai kejadian tersebut.

Kita menghubungi pejabat kesehatan regional, untuk memberitahukan kepadanya bahwa terdapat suatu kemungkinan kejadian KIPI terkait program vaksinasi campak. Kita juga menginformasikan kepadanya bahwa kita telah menerima permohonan informasi dari surat kabar lokal.

Ia berterima kasih kepada kita atas teleponnya, dan mengatakan bahwa kita harus menelaah semua keadaannya secara cermat dan mengirimkan email lembar pelaporan laporan pra-investigasi KIPI Martha kepadanya begitu kita memperoleh semua informasinya.

Ia mengatakan bahwa tidak ada laporan lain yang masuk terkait masalah dengan vaksin dari bagian lain regional tersebut, namun ia tetap akan mengawasi dan memperhatikan mengenai hal tersebut. Ia mengundang kita untuk mengkomunikasikan informasi tersebut pada media dan menyarankan agar kita mengajukan dirinya sebagai orang yang dikontak mengenai semua informasi lebih lanjut yang mungkin diminta oleh media terkait informasi di luar area geografis kita.

  • Ini adalah tindakan yang tepat. Pejabat kesehatan regional adalah orang yang tepat pada alur pelaporan kita mengenai KIPI dan bahkan melaporkan suatu kasus individual mungkin sesuai karena kasus yang serupa bisa jadi sudah ditemukan di tempat lain yang berada dalam pengawasan pejabat kesehatan regional tersebut.
  • Menginformasikan permintaan media kepada pejabat kesehatan regional juga relevan, karena ia mungkin dapat memberikan informasi lebih lanjut kepada wartawan yang mencari informasi pada tingkat regional.

Menghubungi distributor vaksin.

Setelah 30 menit berbicara di telepon, kita berhasil menghubungi Bapak Yen dari Yuchong Medical Supplies. Kita menjelaskan bahwa kita memiliki kekhawatiran mengenai vaksin campak Klinigen, batch U-5773 dan pelarut batch SR-2781. Bapak Yen memberikan konfirmasi bahwa batch tersebut didistribusikan di Karoom pada bulan Januari dan mereka juga mendistribusikannya ke pusat kesehatan di Cherunan, Hinandi, dan Hobi pada bulan Maret.

  • Karena kita penanggung jawab Karoom, tindakan menghubungi distributor ini sebenarnya lebih sesuai dilakukan oleh pejabat kesehatan regional, apabila diperlukan.
  • Vaksin tersebut telah didistribusikan secara luas di kota kita dan area regional sekitarnya.

Beralih ke batch vaksin yang berbeda di pusat kesehatan kita.

Kita mengirimkan surat ke berbagai pusat pelayanan imunisasi, meminta agar mereka mengganti batch vaksin, sehingga mereka tidak menggunakan vaksin dari batch U-5773, mulai hari Senin.

  • Tidak ada alasan untuk mengambil tindakan tersebut pada saat ini, karena anak telah pulih sepenuhnya, kaitan dengan vaksin belum jelas, dan tidak ada laporan kejadian serupa!
  • Pada saat ini, kita tidak yakin ada masalah dengan batch vaksin ini dan kita sudah mengetahui dari klinik Chandra bahwa batch sebelumnya sudah hampir habis.

Menelepon Jonas Willen dari Karoom Morning Bugle.

Kita menelepon kembali Jonas Willen, seorang wartawan dari Karoom Morning Bugle. Surat kabar ini terbit harian (Senin hingga Sabtu) dan didistribusikan secara luas di seluruh Karoom.

Ia telah mendengar bahwa terdapat insiden kejang setelah pemberian vaksin campak. Ia ingin tahu apakah hal ini benar, berapa kasus serupa yang sudah terjadi, dan apakah kita berencana menghentikan program imunisasi.

Kita menjelaskan kepadanya bahwa :

  • Program tersebut telah disusun sebagai respons terhadap wabah campak di bagian utara negara tersebut. Program tersebut direncanakan sebagai vaksinasi massal non selektif untuk semua anak balita untuk meningkatkan perlindungan terhadap campak.
  • Selain satu kasus yang dilaporkan pada seorang anak perempuan yang mengalami reaksi satu hari setelah mendapat vaksin campak, tidak ada kejadian ikutan berat lain yang dilaporkan di Karoom.
  • Gejala yang dialami anak perempuan ini bersifat sementara dan anak tersebut telah pulih sempurna.
  • Belum ditentukan apakah vaksinasi tersebut berkaitan dengan gejala yang muncul, atau apakah hal ini hanya kebetulan.

Menjawab pertanyaannya mengenai konsekuensi program imunisasi, kita memberitahukan kepadanya bahwa berdasarkan informasi yang tersedia, dan berdasarkan fakta bahwa tidak ada kasus lain yang dilaporkan pada tingkat regional, saat ini tidak ada alasan untuk membuat perubahan pada program imunisasi.

Kita memintanya membacakan kembali catatannya sehingga kita dapat memastikan bahwa ia menangkap secara akurat dan menawarkan untuk menjawab semua permohonan informasi lebih lanjut apabila diperlukan.

  • Tindakan ini relevan, menjawab permohonan informasi dari media dengan cara yang baik dan dengan informasi yang akurat berbasis fakta sangatlah penting.
  • Sebelum menghubungi wartawan, persiapkan diri kita dengan mengumpulkan semua informasi yang tersedia yang diperlukan untuk dapat memahami situasi tersebut secara keseluruhan.
  • Kita akan mempelajari lebih lanjut mengenai cara menyampaikan informasi secara efektif dalam Modul 6.

Menghubungi produsen vaksin.

Kita membuka situs web produsen vaksin, Klinigen. Terdapat cukup banyak informasi mengenai vaksin tersebut, dan satu nomor kontak, tempat kita dapat mengirimkan email apabila kita memiliki kekhawatiran mengenai keamanan vaksin atau kejadian ikutan. Kita mengirimkan surat untuk memberitahukan kepada produsen vaksin mengenai vaksin campak tersebut.

  • Tindakan ini tidak sesuai pada level kita dan pada tahap ini.
  • Tindakan yang tepat adalah untuk mengirimkan laporan KIPI ke pejabat kesehatan regional kita, dan/atau NRA, di mana laporan tersebut akan dievaluasi. Selanjutnya mereka mungkin akan menghubungi produsen.