Toxoid vaccines

Vaksin toksoidVaksin toksoidSuatu vaksin yang dibuat dari toksin (racun) yang sudah tidak berbahaya lagi, namun masih dapat merangsang respon imun melawan toksin tersebut. dibuat dari toksin yang dihasilkan oleh bakteri tertentu (tetanus atau difteri).

Toksin ini masuk dalam aliran darah dan menyebabkan gejala penyakit. Toksin berbasis protein tidak berbahaya (toksoidToksoidToksin yang dilemahkan atau mati (racun) yang digunakan dalam produksi vaksin.) dan digunakan sebagai antigen yang dapat merangsang kekebalan.

Untuk meningkatkan respon kekebalan, toksoid dilekatkan pada garam aluminium atau garam kalsium yang berperan sebagai ajuvan.

Keamanan dan stabilitas vaksin

Vaksin toksoid sangat aman, sebab tidak dapat menyebabkan penyakit yang dapat dicegah oleh vaksin ini dan tidak ada kemungkinan berubah mernjadi virulen. Antigen pada vaksin ini tidak berkembang biak dan tidak menyebar (menular) pada individu yang tidak mendapatkan imunisasi. Vaksin ini stabil dan tidak begitu terpengaruh oleh perubahan suhu, sinar dan kelembaban.76