Contoh vaksin tetanus toksoid

Tetanus disebabkan oleh bakteri/basil tetanus yang masuk kedalam tubuh manusia melalui luka terbuka. Racun yang dikeluarkan bakteri ini dapat menyebabkan kejang otot, spasmus dan kekakuan otot –otot sehingga menyebabkan tulang belakang melengkung (opistotonus). Selanjutnya dapat terjadi kesulitan bernafas dan seragan kejang dan spasme otot jadi lebih sering.

Semua umur rentan terhadap infeksi tetanus. Namun penyakit ini lebih sering dan lebih serius terjadi pada neonatus. Karenanya ia disebut tetanus neonatorum. Tetanus neonatorum lebih sering terjadi didaerah pedesaan dimana pertolongan persalinan biasanya tidak memperhatikan prosedur sterilisasi. WHO memperkirakan ada 128.000 bayi mati karena tetanus neonatorum pada tahun 2004 (24).74

Tetanus dapat dicegah dengan memberikan imunisasi tetanus toksoid kepada ibu hamil atau wanita usia subur sebelum mereka hamil. Vaksin dengan tetanus toksoid ini akan memberikan perlindungan kepada ibu dan antiodi yang terbentuk akan diberikan kepada bayi yang dikandung.

Seseorang yang sembuh dari infeksi tetanus tidak memiliki kekebalan alamiah terrhadap tetanus. Mereka dapat terinfeksi lagi. Karenanya, perlu diimunisasi. Agar dapat terlindungi seumur hidup terhadap tetanus, seseorang perlu mendapat tiga kali suntikan DPT sewaktu bayi, diikuti dengan buster vaksin yang berisi TT pada usia sekolah (4–7 tahun), pada usia remaja (12–15 tahun) dan pada usia dewasa muda.

Tabel dibawah ini menunjukkan berapa lama proteksi terhadap tetanus pada wanita yang tidak pernah mendapat imunisasi TT dan kemudian mendapat TT pada saat mereka mencapai usia subur (15–49 tahun).

Jangka waktu perlindungan pada wanita setelah diberikan 1–5 dosis vaksin TT

Dosis (0,5 ml) Kapan di berikan Lama proteksi terhadap
TT1 Diberikan kepada WUS pada kotak pertama atau pada usia kehamilan muda. Tidak ada pelindungan sama sekali
TT2 Diberikan paling tidak 4 minggu setelah TT1. Perlindungan 3 tahun
TT3 Diberikan paling tidak 6 bulan setelah TT2. Perlindungan 5 tahun
TT4 Diberikan paling tidakl 1 tahun setelah TT3. Perlindungan 10 tahun
TT5 Diberikan paling tidak 1 tahun setelah TT4. Perlindungan selama usia subur