Ringkasan

Kita sekarang telah selesai mempelajari modul ini, yang berisi hal-hal penting yang harus diketahui yaitu :

  • Selain ketersediaan air bersih secara luas kepada masyarakat, tidak ada lagi yang dapat melebihi imunisasi dalam menjaga kesehatan masyarakat dari ancaman penyakit menular. Imunisasi dengan jelas menurunkan angka kesakitan dan kematian dari PD3I, menyelamatkan jiwa dan menghemat biaya perawatan dan pengobatan terhadap PD3I.
  • Kepercayaan masyarakat terhadap program imunisasi sangat mudah sekali luntur. Masyarakat tidak dapat mentolerir sedikitpun efek simpang yang muncul akibat imunisasi dibandingkan dengan efek samping obat.
  • Ada 5 kategori KIPI :
    1. Reaksi KIPI yang terkait komponen vaksin,
    2. Reaksi KIPI yang terkait dengan cacat mutu vaksin,
    3. Reaksi KIPI akibat kesalahan prosedur,
    4. Reaksi KIPI akibat kecemasan karena takut disuntik,
    5. Kejadian koinsiden.
  • Vaksin sangat jelas dapat merangsang munculnya reaksi kekebalan dalam tubuh orang yang menerima imunisasii yang dapat melindungi mereka dari ancaman PD3I yang berbahaya, namun vaksin juga tidak bebas dari kemungkinan dapat menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan.
  • Ada 4 jenis vaksin yatu : vaksin live attenuated (mikrobanya masih hidup namun sudah dilemahkan), inaktif (mikroba sebagai komponen utama vaksin sudah diinaktifasi atau dimatikan), vaksin menggunakan sub unit dari mikroba dan toksoid.
  • Vaksin dalam proses pengembangan dan pembuatannya serta distribusi dan pemakaiannya pada masyarakat luas diatur sangat ketat sekali dengan peraturan peraturan yang dibuat dan diawasi oleh Badan POM.
  • Surveilans pasca lisensi, yaitu surveilans yang dilakukan setelah vaksin memperoleh ijin edar, sangat penting dilakukan untuk memantau kemungkinan terjadinya KIPI. Yang sangat jarang terjadi dan hal hal lain yang tidak terpantau pada fase-fase uji klinis sebelumnya karena keterbatasan jumlah sampel atau keterbatasan waktu.
  • Bahwa risiko reaksi simpang vaksin sangatlah rendah jika dibandingkan dengan manfaat imunisasi dalam melindungi masyarakat dari PD3I yang sangat berbahaya yang seyogyanya dapat dicegah dengan cakupan yang tinggi dan merata di masyarakat.