Tinjauan Umum

Setiap tahun, milyaran dosis vaksin diberikan melalui program imunisasi di seluruh dunia. Vaksin dirancang untuk merangsang respon imun di tubuh manusia, dan tidak dapat dielakkan lagi bahwa reaksi ini bisa menimbulkan risiko kesehatan terhadap sejumlah kecil penerima vaksin. Risiko ini jauh lebih kecil dari padamanfaat yaitu perlindungan  terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi dengan berbagai konsekuensinya.

Dalam menjelaskan  risiko dan manfaat vaksin dengan sejelas-jelasnya kepada orang tua,  wali dan penerima vaksin memerlukan komunikasi yang efektif dan  keterampilan interpersonal dari tenaga kesehatan terlatih dalam program imunisasi dan para pendidik seperti guru.

Modul ini akan membantu kita memahami ketakutan dan kekhawatiran masyarakat, dan bagaimana kita dapat memperbaiki keterampilan berkomunikasi dalam hal keamanan vaksin.

Luaran modul

Setelah modul ini selesai dipelajari, kita diharapkan mampu untuk :

  • 1Memahami kebutuhan untuk berkomunikasi dengan baik tentang keamanan vaksin.
  • 2Secara kritis mengevaluasi dan menilai informasi baru tentang vaksin sebelum mengkomunikasikannya kepada target pendengar.
  • 3Mengumpulkan informasi tentang target pendengar, siapa mereka, bagaimana pendapat mereka terhadap risiko vaksin dan pengetahuan mereka tentang vaksin dan keamanannya.
  • 4Mengidentifikasi ketakutan dan kekuatiran berbagai kelompok terkait dengan, atau yang mungkin dipengaruhi oleh program imunisasi.
  • 5Merancang pesan sederhana, jelas dan sesuai kondisi untuk mengkomunikasikan informasi tentang keamanan vaksin kepada target pendengar (misalnya orang tua, penerima vaksin, staf klinik, media, petugas kesehatan profesional, otoritas pengaturan obat, Menteri Kesehatan, dsb).
  • 6Mengidentifikasi perangkat dan jalur komunikasi yang paling cocok untuk menyampaikan informasi kepada berbagai kelompok target.
  • 7Memahami media sebagai mitra yang penting dalam keamanan vaksin.