TINJAUAN UMUM

Prinsip-prinsip umum dari surveilans kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) adalah sama di semua negara. Namun pendekatannya bisa berbeda karena berbagai faktor seperti bagaimana layanan imunisasi dikelola dan ketersediaan sumber daya.

Bagian pertama Modul ini menjelaskan peran sentral dari badan otoritas regulatori nasional (national regulatory authority/NRA) dan program imunisasi nasional (National Immunization Program/NIP) bersama dengan Komite Nasional KIPI; serta peran pihak terkait lainnya juga akan dijelaskan secara singkat.

Pada bagian ke dua Modul ini, kita akan mempelajari badan internasional yang ada untuk mendukung keamanan vaksin di semua negara. Kitaakan memahami bagaimana badan-badan nasional dan internasional bekerja sama dan bagaimana alur informasi antara negara dan badan-badan tersebut.

LUARAN MODUL

Setelah selesai mempelajari modul ini kita diharapkan mampu untuk :

  • 1Menyebutkan fungsi atau layanan utama dalam hal keamanan vaksin (yang dilakukan oleh) badan-badan nasional dan internasional, serta produsen vaksin.
  • 2Menjelaskan lingkup tanggung jawab yang relevan dan (bila mungkin) lingkup kerjasama antara badan otoritas regulatori nasional (Badan POM) dan program imunisasi di suatu negara.
  • 3Mengidentifikasi mekanisme dimana KIPI yang terjadi di suatu klinik/sarana pelayanan kesehatan dapat dilaporkan ke badan otoritas regulatori nasional.
  • 4Merangkum informasi antar institusi pada tingkat nasional (klinik imunisasi, Badan POM/NRA, dsb) dan badan internasional.