TINJAUAN UMUM

Farmakovigilans (pharmacovigilance) adalah suatu kegiatan mendeteksi, menilai, memahami, merespon dan mencegah reaksi samping obat, termasuk reaksi vaksin.Ini merupakan bagian integral dari regulasi obat dan kemanan vaksin. Sistem surveilans ini di tingkat nasional dan internasional untuk menjamin monitoring yang efektif dan respon yang cepat terhadap KIPI.

Farmakovigilans mensyaratkan bahwa insiden kejadian ikutan harus ditindaklanjuti dengan cara yang benar. Beberapa kejadian ikutan perlu dilaporkan dan/atau diselidiki, dan kita perlu mengetahui yang mana yang harus dilaporkan, bagaimana caranya dan kepada siapa. Prosedur penilaian penyebab kejadian juga harus dilakukan dengan efektif.

Modul ini menjelaskan kepada kita tentang konsep farmakovigilans dan sistem surveilans nasional dan internasional. Ini akan membantu kita mengkaji bagaimana melaporkan suatu KIPI dengan cara yang benar dan menjelaskan prosedur dari penilaian penyebab kejadian. Akhirnya, kita akan mempelajari tentang penilaian risiko/manfaat, termasuk faktor-faktor yang mempengaruhi keseimbangan antara risiko dan manfaat dari vaksin, evaluasi risiko dan analisis opsi.

LUARAN MODUL

Setelah selesai mempelajari modul ini kita diharapkan dapat :