Tinjauan Umum

Ada berbagai jenis vaksin yang beredar. Jenis vaksin yang berbeda mempunyai formulasi yang berbeda. Formulasi yang berbeda ini mempengaruhi cara penggunaannya dan penyimpanannya. Kalau ternyata berbagai vaksin yang berbeda jenisnya tersebut efektif dan aman untuk diberikan maka sikap petugas harus mengenal berbagai jenis vaksin yang berbeda ini dan tahu cara pengelolaan dan penanganannya.

Setiap jenis vaksin dapat menimbulkan reaksi simpang yang berbeda dan setiap petugas perlu tahu reaksi simpang apa yang mungkin bisa timbul. Kita dapat mengetahui kontra indikasi vaksin dan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan pada saat kita ingin memberikan imunisasi kepada ibu hamil dan kepada mereka yang mempunyai masalah kekebalan tubuh (imunokompromis).

Modul ini akan memberikan penjelasan tentang berbagai jenis vaksin yang berbeda dan cara-cara pemberiannya. Kita akan mendapat penjelasan tentang reaksi vaksin yang sering terjadi dan berbagai kontra indikasi pemberian vaksin. Mengabaikan pengetahuan tentang berbagai efek simpang vaksin dan kontra indikasi pemberian vaksin justru akan menyebabkan banyaknya reaksi vaksin. Pada bagian akhir, kita akan mengetahui kekhawatiran masyarakat akan keamanan vaksin dan rumor yang beredar di mayarakat tentang keamanan vaksin yang telah dibantah dengan berbagai hasil penelitian.

Luaran Modul

Setelah selesai mempelajari modul ini maka anda akan mampu :

  • 1Menjelaskan cara kerja vaksin yang live attenuated (hidup dan dilemahkan), vaksin konjugasi, vaksin subunit, dan vaksin toksoid.
  • 2Mengetahui ajuvan dan bahan pengawet, dan dapat menjelaskan fungsinya masing-masing.
  • 3Menjelaskan perbedaan antara vaksin yang berisi mikroba hidup yang dilemahkan dengan vaksin inaktivasi.
  • 4Mengidentifikasikan kontra indikasi vaksin yang kemungkinan memperberat risiko vaksinasi.