Pertanyaan

Dunia bebas cacar tahun 1979. Apa beda eradikasi dan eliminasi ? pilih salah satu definisi yang benar untuk istilah eradikasi dan eliminasi :

A. Eradikasi adalah keadaan dimana suatu penyakit tidak ditemukan lagi di dunia secara permanen melalui upaya-upaya yang terorganisir.
B. Eradikasi adalah keadaan dimana suatu penyakit nol atau sangat rendah sekali di suatu wilayah geografi tertentu.
C. Eliminasi adalah keadaan dimana insiden suatu penyakit mencapai nol secara permanen di seluruh dunia melalui upaya-upaya yang terorganisir.
D. Eliminasi adalah keadaan dimana insidens suatu penyakit nol atau sangat rendah sekali di wilayah geografis tertentu.

Jawaban

Jawaban yang benar : A dan D.

Apabila status eradikasiEradikasiReduksi di dunia secara lengkap dan permanen mencapai nol kasus baru dari penyakit infeksi melalui upaya kesehatan; tidak diperlukan penilaian lebih lanjut. sudah tercapai, maka tidak diperlukan lagi upaya-upaya pencegahan dan pemberantasan sehingga anggaran bisa dialihkan untuk membiayai program kesehatan masyarakat lainnya.

Sedangkan pada status eliminasiEliminasiPenurunan ke angka nol (atau didefinisikan sebagai target sangat rendah) kasus baru dari penyakit infeksi di suatu area secara geografis sebagai hasil upaya kesehatan; dan penilaian berkesinambungan untuk mencegah terjadinya kembali transmisi., tidak ditemukan lagi penderita baru di suatu wilayah geografi tertentu namun upaya penaggulangannya harus terus menerus dilakukan untuk mempertahan status eliminasi ini. Hal ini perlu dilakukan karena agen penyebab masih tetap ada di lingkungan sekitarnya dan dapat muncul kembali. Jadi pada kondisi eliminasi upaya pencegahan dan pemberantasan harus terus dilakukan untuk mencegah munculnya kembali penyakit tersebut.