© World Health Organization 2013

Hak cipta dilindungi. Publikasi dari the World Health Organization bisa didapat dari WHO Press, World Health Organization, 20 Avenue Appia, 1211 Geneva 27, Switzerland (tel: +41 22 791 3264; fax: +41 22 791 4857; email: ). Permintaan ijin mereproduksi atau menterjemahkan publikasi WHO — baik untuk diperjualbelikan atau untuk distribusi non komersial — harus ditujukan ke WHO Press, pada alamat di atas (fax: +41 22 791 4806; email: ).

Nama-nama tempat dan materi-materi yang ditampilkan pada publikasi ini, baik sebagian atau seluruhnya, tidak mewakili pendapat dari the World Health Organization, berkaitan dengan status legal dari suatu negara, wilayah, kota atau area atau otoritasnya, atau yang berkaitan dengan batas wilayah. Garis putus-putus pada peta hanya menunjukkan perkiraan garis batas yang mungkin tidak sepenuhnya sudah disepakati.


Penyebutan nama perusahaan tertentu atau produk manufaktur tertentu tidak berarti bahwa mereka disetujui atau direkomendasikan oleh the World Health Organization dan lebih terpilih dari produk lain yang sejenis yang tidak disebutkan. Kecuali karena kesalahan atau kelalaian, nama dagang dibedakan dengan penulisan huruf besar pada huruf awal.

Semua tindakan pencegahan yang diperlukan telah dilakukan oleh the World Health Organization untuk memverifikasi informasi yang tertulis pada pada publikasi ini. Namun, bahan publikasi ini disebarluaskan tanpa jaminan apapun, baik tersurat maupun tersirat. Tanggung jawab dalam interpretasi dan penggunaan materi ditanggung oleh pembaca. Dalam situasi apapun the World Health Oranization tidak bertanggung jawab atas kerugian yang timbul dari penggunaanya.