KONTRA INDIKASI

Kontra indikasiKontra indikasiKeadaan tertentu yang merupakan suatu prosedur medis, misalnya vaksinasi dengan vaksin tertentu, tidak dianjurkan. Kontra indikasi bisa permanen misalnya alergi terhadap komponen vaksin, atau sementara, misalnya demam akut. terhadap vaksinasi adalah keadaan tertentu yang jarang pada seseorang dimana terjadi peningkatan risiko terjadinya reaksi simpang. Mengabaikan kontra indikasi dalam pemberian imunisasi dapat menimbulkan reaksi simpang serius yang tidak diinginkan. Kebanyakan kontra indikasi bersifat sementara sehingga vaksinasi dapat dilakukan lagi dikemudian hari.

Kontra indikasi yang mutlak diperhatikan terhadap semua jenis vaksin adalah riwayat reaksi alergi berat terhadap vaksin atau konstituen vaksin. Perhatian khusus (precautions) bukanlah kontra indikasi tetapi merupakan kondisi yang harus dipertimbangkan dalam menentukan manfaat dan risiko vaksinansi. Peringatan yang tertulis dalam label vaksin terkadang oleh petugas ditafsirkan sebagai kontra indikasi mutlak. Hal ini dapat menyebabkan menurunnya cakupan imunisasi kerena terjadi missopportunities (kehilangan kesempatan untuk mendapatkan imunisasi).

Tanda-tanda reaksi alergi

Petugas imunisasi harus mengenal setiap gejala alergi agar dapat melakukan tindakan segera.

Kontra-indikasi terhadap vaksin

Vaksin bayi/anak Sebelumnya pernah terjadi anafilaktik setelah vaksinasi atau pernah terjadi alergi berat terhadap komponen vaksin Kehamilan Sistem kekebalan tubuh terganggu (defisiensi imun)* Komentar
BCG28   Bacalah pernyataan GAVCS tentang keamanan vaksin BCG pada anak yang terinfeksi HIV
DTwP30    
DTaP30      
OPV29  
IPV29     CEVEAT : alergi terhadap neomycin
Measles31 Alergi berat terhadap gelatin merupakan kontraindikasi terhadap vaksin MMRVaksin MMRSediaan vaksin hidup yang dilemahkan, campak, gondongan, dan virus rubela dalam suatu sediaan, yang digunakan untuk imunisasi campak, gondongan dan rubela. (berisi virus hidup yang dilemahkan (Measles, Mump, Rubela) vaksin.
HepB63      
Rotavirus61      
Hib65      
PCV-766      
Yellow fever62 CEVEAT : alergi terhadap telur merupakan kontra indikasi untuk bayi berusia < 6 bulan.

* Termasuk penderita HIV/AIDSHIV/AIDSAcquired immune deficiency syndrome (AIDS) merupakan kumpulan gejala dan infeksi yang dapat menyebabkan kerusakan tertentu pada sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh human immunodeficiency virus (HIV). yang sudah memberikan gejala. Secara umum vaksin hidup dapat diberikan kepada penderita HIV yang asimptomatik atau yang mendapat pengobatan teratur.

Pesan Utama

Kontra indikasi pemberian vaksinasi sebetulnya sangat jarang. Salah pengertian tentang frekuensi kejadian kontra indikasi dapat menyebabkan terjadinya missopportunities (kehilangan kesempatan mendapatkan imunisasi), akibatnya cakupan imunisasi akan rendah. Kurang pemahaman tentang kontra indikasi maupun tentang reaksi simpang vaksinasi yang salah, dapat menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat.