MENANGANI MEDIA SETELAH KEJADIAN IKUTAN PASCA IMUNISASI

Ketika terjadi KIPI serius, informasi yang akurat sangat penting di komunikasikan kepada media dan fakta kejadian tidak di alihkan. Penanganan yang baik dari respons media terhadap kasus KIPI, maka pejabat kesehatan akan terhindar dari hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap vaksinasi.

Dengan studi kasus ini, bagaimana respons pemerintah melalui media terhadap kematian seorang anak perempuan berusia 14 tahun, tidak lama setelah ia mendapat vaksinasi human papilloma virus (HPV) di Inggris.

Introduksi Vaksin Baru

Keberhasilan vaksin yang luar biasa dalam mencegah penyakit infeksi pada anak merupakan pencapaian yang sangat penting dan berkesinambungan dalam bidang kesehatan masyarakat. Namun, faktanya vaksin yang diberikan pada anak sehat menyebabkan toleransi rendah terhadap kejadian ikutan dari vaksin. Hal ini menggambarkan penilaian risiko-manfaat yang berbeda untuk vaksin dibandingkan dengan obat dan terapi lain yang diberikan pada orang yang sakit.

Sekali program vaksinasi berhasil dan kekhawatiran terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin menurun, perhatian publik mungkin akan lebih banyak terfokus pada KIPI yang jarang namun berat.

Penanganan KIPI yang kurang tepat dapat menghilangkan kepercayaan masyarakat terhadap vaksinasi. Akibatnya, cakupan vaksinasi menurun dan penyakit yang dapat dicegah akan muncul kembali dimana sebelumnya hampir punah.

Liputan media, khususnya internet, dengan cepat menyebarkan ketakutan masyarakat terhadap keamanan vaksin. Pemerintah dan organisasi yang terkait harus memberikan tanggapan segera dan sesuai dengan fakta yang akurat untuk mencegah hilangnya kepercayaan terhadap vaksin akibat informasi yang salah mengenai suatu kejadian ikutan.

Seperti diperlihatkan pada studi kasus ini, kasus kematian seorang siswa setelah vaksinasi tidak mencapai tingkat krisis karena penanganan situasi dengan cepat dan sesuai oleh Departemen Kesehatan Inggris (United Kingdom Department of Health/UK DH).

Pada akhir studi kasus ini anda akan mampu:

  • 1Menjelaskan bagaimana tanggapan media terhadap suatu akibat yang jarang, serius, dan terjadi secara kebetulan, selama program vaksinasi merupakan tantangan bagi pemerintah dan peran sektor terkait dalam menjaga kepercayaan masyarakat terhadap imunisasi.
  • 2Menjelaskan liputan media terhadap suatu akibat serius yang terjadi secara kebetulan, serta tanggapan dari pemerintah dan peran sektor terkait.
  • 3Analisa liputan media mengenai kejadian secara akurat dalam melaporkan fakta kejadian, rincian terkait keamanan vaksin secara menyeluruh, dan informasi yang diperoleh dari ahli vaksin serta kemungkinan pengaruhnya terhadap persepsi masyarakat tentang keamanan imunisasi.
  • 4Memahami pentingnya pemantauan rutin terhadap persepsi masyarakat tentang vaksin baru dan menyusun rencana komunikasi untuk memfasilitasi kontak media.
  • 5Menjelaskan perbedaan jenis KIPI.
  • 6Mengakses sumber daya komunikasi untuk mempersiapkan dan investigasi KIPI tanpa menghilangkan kepercayaan masyarakat terhadap imunisasi.