Kejadian ikutan : Penyebab

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, vaksin mengandung berbagai komponen untuk membuatnya efektif dan memberikan perlindungan kepada orang yang menerimanya. Namun komponen — komponen tersebut mempunyai potensi menimbulkan risikoRisikoKemungkinan seseorang mengalami suatu kejadian tertentu dalam suatu periode waktu. terjadinya reaksiReaksi vaksin (vaccine reaction, disebut juga adverse vaccine reaction atau adverse reaction)Klasifikasi KIPI yaitu kejadian yang ditimbulkan atau dicetuskan oleh vaksin yang diberikan secara benar, yang disebabkan oleh kandungan dalam vaksin. yang tidak diinginkan.

NRA suatu negara (dalam hal ini di Indonesia BPOM/Badan Pengawasan Obat dan Makanan), harus menjamin bahwa setiap vaksin yang beredar di pasaran dan dimanfaatkan oleh program imunisasi dan masyarakat harus aman.

Vaksin dibuat dengan berbagai jenis antigen yang berbeda dan dengan teknologi dan komponen yang berbeda. Vaksin bisa berupa antigen hidup yang dilemahkan (attenuated) atau antigen yang sudah di inaktivasi, serta bisa dalam bentuk rekombinan.

Vaksin dapat mengandung antibiotikaAntibiotikSubstansi untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri. Antibiotik (dalam jumlah sedikit) digunakan selama fase pembuatan beberapa vaksin tertentu untuk mencegah kontaminasi bakteri pada sel kultur jaringan., stabilizerStabilizerKomponen yang dipergunakan untuk menjaga efektivitas vaksin selama masa penyimpanan. Stabilitas vaksin sangat penting, terutama apabila sistem rantai dingin tidak baik. Faktor yang mempengaruhi stabilitas adalah suhu dan pH. dan pengawetPreservatifSesuatu bahan yang ditambahkan pada vaksin dengan kemasan multidosis untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. Pada umumnya yang digunakan adalah thiomersal yaitu bahan yang mengandung merkuri. untuk mengurangi kontaminasi selama proses pembuatan dan untuk menjaga efektivitasnyaEfektivitas vaksinProbabilitas vaksin yang telah diberikan secara rutin akan memberi imunitas kepada masyarakat. Dinyatakan dalam persentase. selama penyimpanan dan distribusi.

Pertanyaan

Pilihlah komponen yang ada di dalam vaksin yang dapat menimbulkan KIPI akibat reaksi vaksin.

Bahan pengawet (stabilizer)
Bahan pengawet (preservatives)
 

Jawaban

Semua jawaban diatas benar.

Semua komponen yang disebutkan diatas dapat menimbulkan KIPI yang diakibatkan langsung oleh vaksin.

Perlu juga diketahui bahwa bukan hanya komponen bahan yang ada di dalam vaksin, cara pemberian vaksin juga dapat menimbulkan KIPI. Cara pemberian ini dapat melalui suntikan intradermal, sub kutan atau intramuskuler maupun pemberian secara oral dan intranasal. Cara pemberian untuk tiap jenis vaksin yang dianjurkan oleh produsen untuk meningkatkan efektivitas dan mengurangi efek simpang adalah sebagai berikut :

Cara pemberian vaksin menurut jenis vaksin
Cara pemberian vaksin menurut jenis vaksin